Selasa, 07 April 2009

Mencegah wasir

Meski tak mematikan penyakit wasir (haemorrhoids) adalah jenis penyakit yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Penyakit yang terjadi karna pembengkakan dijaringan dinding dubur (anus) yang mengandung pembuluh darah balik (vena)itu dapat terjadi karena berbagai sebab, diantaranya sembelit (konstipasi), kehamilan, kegemukan, dan sebagiannya. Berikut beberapa tips mengatasi wasir:

Berendam air hangat
Usahakan berendam air hangat untuk mengurangi nyeri dan menjaga kebersihan dubur selama sekitar 15 menit, setidaknya 2-3 kali daam sehari.

Konsumsi makanan berserat
Mengkonsumsi makanan berserat agar kotoran (feces) menjadi lunak, misalnya: buah-buahan dan sayur mayur. Menghindari minuman beralkohol agar kotoran tidak keras. Minum dalam jumlah yang cukup, Sedikitnya 1,5liter dalam sehari.

Olahraga teratur
Olahraga akan membuat metabolisme dan aliran darah mengalir teratur. Tubuh juga akan terasa bugar, sehingga ancaman timbulnya penyakit wasir dan penyakit lainnya ikut menjauh.

Jangan menggosok dubur
Hindari menggosok-gosok daerah dubur agar tidak terjadi pelunakan jangan biasakan untuk menahan atau memaksa buang air besar, karena akan meningkatkan tekanan didaerah dubur. (dar/berbagai sumber)/bisnis jakarta.

Tidak ada komentar:

Selamat Datang.....!!

Wah, ada tamu istimewa berkunjung ke blog aku nieeh.......
Silahkan masuk! anggap aja blog sendiri

adsensecamp

Pengikut