Jumat, 18 September 2009

Menabung receh


Keberhasilan dalam menabung:

Dalam kehidupan sehari - hari saya sulit sekali membiasakan menabung sekalinya biza menabung pasti terpakai. Saya sempat bingung dan bertanya - tanya bagaimana sih agar dapat menabung tapi ga pernah diambil tabungannya?

Sampai akhirnya saya mencoba sendiri cara saya sendiri. Ternyata kita sering luput pandangan kita dari uang receh yang tidak kita pakai dan terkadang kita abaikan. dari uang receh ini saya akan mulai menabung, cara yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:

1. Simpan uang receh Rp. 500 perak anda.
Jika anda berbelanja pasti ada kembalian berupa uang receh, uang receh itulah yang harus kita tabung. Uang receh dari kembalian ongkos mobil, kembalian makan siang dan lainnya.

2. Uang receh yang anda simpan adalah uang yang tidak terpakai.
Uang receh yang harus anda tabung Adalah uang yang tak terpakai/uang yang tidak berguna lagi untuk anda pakai. Jika hari ini uang receh anda tersisa Rp. 500 perak anda pulang dengan naik bus ongkos bus anda Rp. 2500 dengan begitu anda masih membutukan uang receh anda yang Rp. 500 perak tersebut, maka uang itu harus nanda pakai . Hari ini berarti anda tidak dapat menabungkan uang anda sebab tidak ada uang yang tidak terpakai buat anda. Jangan pernah memaksakan diri untuk menabung dengan menukarkan uang Rp. 1000 dengan uang Rp. 500 perak untuk ditabung, kenapa? sebab yang akan anda tabung adalah uang yang tak terpakai lagi buat anda bukan uang yang masih berguna bagi anda.

3. Tentukan besar uang yang akan anda tabung dan jangka waktunya untuk melihat hasilnya.
Dalam hal ini uang yang harus ditabung adalah Rp.500 perak/hari tidak kurang. Jangka waktunya 1 minggu target yang harus dicapai 1 minggu harus dapat Rp.5000 perak. jika anda hitung perhari 500*7= Rp. 3500 rupiah. Bagaimana mungkin biza 5000? jadi setiap uang yang tak terpakai bagi anda pasti diatas Rp.500 rupiah pasti hasil akhirnya bisa lebih dari 5000 donk? Tapi tidak semudah itu. Tidak semua orang bisa menabungkan uang mereka yang tak terpakai lagi. Salah satu faktornya adalah malas menabungkan uang receh, lama nabungnya dan hasilnya ga maximal tapi dengan anda bisa disiplin dan konsekuen dalam menabung receh dengan begitu anda akan lebih mudah menabung dolar. Ga percaya? Buktikan sendiri..!!

4. Jangan pernah mengingat-ingat kalo anda itu sedang menabung.
Usahakan melupakan kalau anda sedang menabung dengan begitu anda tidak akan terbebani dengan pikiran untuk bisa nmenabung, tapi anda harus ingat kalau ada uangreceh anda yang harus ditabung. Dengan tidak mengingat-ingat kalau anda sedang menabung dengan begitu uang anda aman dan tak akan terpikirkan untuk mengambilnya maka hasil akan anda dapatkan.

5. Poin terakhir lihat tabungan anda setelah 1 minggu.
Jika anda sudah rutin menabung uang receh Rp.500 tersebut selama 7 hari maka anda harus melihat hasilnya. Bila dalam 7 hari uang yang anda tabung menghasilkan Rp.500 bahkan sampai lebih dari Rp. 10.000 anda bisa dikatakan berhasil dalm menabung dengan penuh kedisiplinan, konsekuen,komotmen dandapat menghasilkan. Tapi jika kurang dari 5000 anda harus memulainya dari awal..! Sebab jika anda teruskan ketahap yang lebih besar dalam menabung, anda akan kalah ditengah jalan karna hanya uang receh saja anda sudah tergiur untuk menggunakannya dan tak sanggup memenuhi target yang harus dicapai. Bagaimana dengan impian menabung yang lebih besar?

Renungkan baik-baik apakah anda sanggup mengikuti cara saya/anda terlalu risih untuk menabung receh?

Saya hanya ingin berbagi pada anda semua yang saya tulis masih banyak kekurangannya tapi saya berharap dapat bermanfaat bagi anda yabg ingin menabung dan membiasakan diri menabung untuk masa depan anda sendiri. nTerima kasih anda telah membaca artikel saya.

Wassalam....


Tidak ada komentar:

Selamat Datang.....!!

Wah, ada tamu istimewa berkunjung ke blog aku nieeh.......
Silahkan masuk! anggap aja blog sendiri

adsensecamp

Pengikut